Selasa, 20 Maret 2018

Sejarah Futsal Masuk Ke Indonesia

Sejarah masuknya futsal di Indonesia, Sejak kejuaran dunia pertama kali yang di selenggarakan oleh fifa pada tahun 1989 di Rotterdam Belanda , futsal mulai menunjukan perkembangannya di dunia termasuk di Indonesia salah satunya, futsal mulai dikenal di tanah air sejak tahun 1998-1999 pada saat futsal Indonesia sudah tertinggal jauh dibanding Negara tetangga yaitu Malaysia dan Thailand.
(ALM) Ronny Pattinasarani
(ALM) Ronny Pattinasarani, Ya beliaulah salah satu pelopor futsal di Indonesia, pada tahun 2000 beliau di instruksikan oleh PSSI untuk mengikuti coaching clinic futsal di Malaysia dan sejak saat itu beliau memperkenalkan dan menyebarluaskan futsal ke berbagai kalangan termasuk pula kepada Pesepakbola Profesional di Indonesia maupun ke sekolah sekolah sepakbola, karena beliau yakin bahwa futsal itu merupakan bagian dari sepakbola modern dan banyak korelasi antara futsal dengan sepakbola.

Namun Sejarah dunia mencatat bahwa secara resmi sejarah futsal Indonesia  dimulai pada tahun 2002, ketika itu Indonesia di daulat oleh AFC (Asian Football Confedration) untuk menyelenggarakan putaran final kejuaraan futsal tingkat asia di Jakarta. Kejuaraan Futsal AFC tahun 2012 ini merupakan penyelenggaraan ke 4 sejak pertama kali di adakan tahun 1999 malaysia, Seluruh pertandingan digelar di istora senayan Jakarta dan pada saat itu di rajai oleh Iran , Sedangkan Indonesia hanya mampu meraih 1x Kemenangan dan 1x Draw dari 4 Pertandingan yang di mainkan sehingga gagal lolos dari babak penyisihan grup.
 
Justinus Lhaksana
Itulah sejarah masuknya futsal ke Indonesia, Lantas siapakah yang 
mengembangkan futsal di indonesia hingga bisa seperti sekarang ini. Justinus lhaksana, Beliaulah yang membuat perkembangan besar di dunia perfutsalan Indonesia. Pria kelahiran 28 juli 1967 ini menjabat sebagai pelatih timnas futsal Indonesia pada tahun 2004-2007, Beliau pernah tinggal di Belanda selama 15 tahun dan Pemegang sertifikat kepelatihan futsal dari KNVB (Asosiasi Sepakbola Belanda) Serta pernah melatih klub divisi utama di negeri kincir angin tersebut. Pada awalnya beliau sempat diragukan untuk melatih timnas , Namun diluardugaan Timnas Indonesia meraih prestasi internasional pertamanya pada tahun 2007 dengan memperoleh mendali perunggu sea games 2007 di thailand mengalahkan Malaysia yang saat itu sangat sulit ditaklukan serta bilau pernah berhasil membawa indonesia mengalahkan England pada KL World Futsal 2005 di malaysia yang dimana didunia sepakbola Indonesia sangat tertinggal jauh dibanding England. Pada tahun 2010 Beliau menjabat sebagai Manager dan Direktur teknik timnas Indonesia yang dimana pada saat itu untuk pertama kalinya Timnas Futsal Indonesia  berhasil merengkuh gelar juara pertamanya pada gelaran piala AFF Futsal Championship 2010 di Vietnam.

AFF Futsal Championship 2010
Demikianlah sejarah serta perkembangan Futsal di Indonesia, Semoga kedepannya dunia perfutsalan di Indonesia semakin baik maju dan berkembang  serta lahir lahir kembali para penerus penerus bangsa khususnya di dunia Perfutsalan, Amin. 

1 komentar:

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 7 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    BalasHapus